Negara Terkecil di dunia

Negara Terkecil di dunia


Apakah negara terkecil di dunia? Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia .
(bahasa Italia: Città del Vaticano [tʃitˈta del vatiˈkaːno]; bahasa Latin: Civitas Vaticana), dengan nama resmi Negara Kota Vatikan (bahasa Italia: Stato della Città del Vaticano;bahasa Latin: Status Civitatis Vaticanae), merupakan sebuah enklaf yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia. Dengan luas area sekitar 44 hektar, dan populasi sebesar 842 jiwa,Negara Kota Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia, baik area maupun populasinya, yang diakui secara internasional. Negara ini berbentuk eklesiastik atau monarki-sakerdotal yang diperintah oleh Uskup Roma – yakni Paus. Para pejabat tertinggi negara ini semuanya adalah klerus Katolik yang berasal dari berbagai negara. Sejak kembalinya Paus dari Avignon pada tahun 1377, mereka umumnya tinggal di Istana Apostolik di dalam wilayah yang sekarang adalah Kota Vatikan, meskipun terkadang juga tinggal di Istana Quirinal di Roma atau di tempat lainnya. Negara Kota Vatikan berbeda dengan Tahta Suci (bahasa Latin: Sancta Sedes) yang berasal dari Kekristenan awal dan merupakan tahta episkopal utama dari 1,2 miliar penganut Katolik Timur dan Latin di seluruh dunia. Negara kota yang independen ini, di sisi lain, terbentuk pada tahun 1929 melalui Perjanjian Lateran antara Takhta Suci dan Italia, yang berbicara tentang pendirian ini sebagai suatu ciptaan baru, bukan sebagai sisa-sisa Negara-negara Kepausan (756-1870) yang jauh lebih besar, yang sebelumnya pernah mencakup banyak bagian tengah Italia. Menurut perjanjian tersebut, Takhta Suci memiliki "kepemilikan penuh, kekuasaan eksklusif, dan yurisdiksi serta otoritas yang berdaulat" atas Negara Kota Vatikan.

Negara Terkecil di dunia, Negara paling kecil di dunia. Negara Terkecil di dunia terbaru, siapakah Negara Terkecil di dunia


Ibu kota                         : Kota Vatikan  41°54′N 12°27′E
Bahasa resmi                 : Italia dan Latin
Pemerintahan                : Teokrasi eklesiastik
Pemegang Kedaulatan  :  Paus Fransiskus
Sekretaris Negara          : Pietro Parolin
Kepala Pemerintahan    : Giuseppe Bertello
Legislatif                       : Pontificia Commissione
Kemerdekaan                 : dari Kerajaan Italia
Perjanjian Lateran          :11 Februari 1929
Luas                                : Total      0,44 km2 (251),  Perairan (%)       0
Penduduk                        : Perkiraan 2014  844  (251)
Kepadatan                       : 1.877/km2
Mata uang                       : Euro (€) (EUR)
Zona waktu                     :  Waktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST)       : Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Lajur kemudi                  : kanan1
Kode ISO                        : 3166   VA
Kode telepon                   : +3792
Pengunjung dan wisatawan tidak diizinkan untuk mengemudi di dalam Vatikan tanpa izin khusus, yang mana biasanya hanya diberikan kepada mereka yang memiliki keperluan resmi di Vatikan.

Kode +379 adalah kode panggilan internasional untuk Vatikan. Meskipun begitu, Vatikan tetap dimasukkan ke dalam kode telepon negara Italia (dengan kode +39-06/698).


Negara Terkecil di dunia, Negara paling kecil di dunia. Negara Terkecil di dunia terbaru, siapakah Negara Terkecil di dunia

No comments:

Post a Comment