Arti Makna Tubuh Dan Darah Yesus Kristus

Arti Makna Makan Tubuh Dan Darah Yesus Kristus


Penafsiran tentang Yohanes 6:53-58 Tentang makan tubuh dan darah Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan Yesus menegaskan apa yang telah Dia katakan kepada mereka, dan Dia menambahkan ungkapan dan minum darah-Nya, suatu ungkapan yang sangat mengerikan bagi orang Yahudi, yang tidak boleh minum darah apa pun, menurut Kejadian 9:4.622
Ayat ini sering dipakai sebagai bukti yang paling kuat bahwa nas tersebut berbicara tentang Perjamuan Kudus, tetapi sebenarnya ayat ini membuktikan bahwa nas tersebut tidak merujuk pada Perjamuan Kudus. Sebenarnya Tuhan Yesus mengatakan jikalau kamu tidak percaya kepada Anak Manusia dan menerima Dia sebagai Juru Selamatmu, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Dalam seluruh Injil Yohanes, syarat satu-satunya untuk menerima hidup adalah percaya, atau dengan kata lain, menerima Dia. Partisipasi dalam Perjamuan Kudus bukanlah syarat untuk menerima keselamatan. Dalam Firman Tuhan, darah biasanya merujuk pada suatu kehidupan yang berakhir karena kekerasan, kadang sebagai korban.623
Ayat ini merujuk pada syarat iman dalam Kristus dan penebusan yang Dia sediakan di kayu salib-Nya. Perjamuan Kudus, yang sebenarnya tidak dibahas dalam nas ini, juga merujuk pada iman dalam Kristus dan penebusan yang Dia sediakan di kayu salib-Nya.
Khotbah Roti Hidup (6:22-58)
Sesuai dengan kebiasaan Yohanes untuk membedakan agama lama dengan pribadi Tuhan Yesus, dalam khotbah yang keempat ini ada kontras antara manna di padang gurun dan Tuhan Yesus yang adalah "Roti Hidup".
Ada tiga pendekatan pada penafsiran bagian ini.587 Ketiga tafsiran tersebut berpusat pada masalah kepentingan Perjamuan Kudus di dalam tafsiran nas ini. Ada penafsir yang berkata bahwa nas ini, terutama pasal 6:53-58, membicarakan Perjamuan Kudus. (Selain nas ini, Injil Yohanes tidak menyebutkan Perjamuan Kudus.) Pasal 6:55 merupakan dukungan yang paling kuat bagi pandangan ini. Namun tafsiran ini sangat sulit diterima. Jika nas ini membahas Perjamuan Kudus, maka pasal 6:53, yang berkata "...sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu", berarti bahwa keikutsertaan dalam Perjamuan Kudus merupakan syarat mutlak untuk keselamatan, sedangkan Injil Yohanes, dan seluruh Perjanjian Baru, mengajar bahwa syarat satu-satunya adalah iman dalam Yesus Kristus, dan bukan perbuatan mana pun. Selain alasan tersebut, menurut pasal 6:59 nas ini diucapkan oleh Tuhan Yesus "di Kapernaum ketika Ia mengajar di rumah ibadat". Di rumah ibadah itu mereka tidak mengerti sedikit pun mengenai Perjamuan Kudus, sehingga khotbah ini mustahil dimengerti jika pandangan ini diterima.

Arti tubuh dan darah Yesus, makna tubuh dan darah Yesus, arti tubuh dan darah Kristus, makna tubuh dan darah Kristus, renungan tubuh dan darah Kristus, lambang tubuh dan darah Kristus


Tafsiran kedua adalah bahwa dalam khotbah ini, istilah "roti", "daging", "darah", dan "minuman" hanya melambangkan diri Yesus Kristus. Menurut tafsiran ini, dalam khotbah ini Tuhan Yesus menekankan bahwa manusia harus menerima Dia untuk memperoleh hidup yang kekal.
Tafsiran yang ketiga setuju dengan yang kedua, tetapi juga menerima kenyataan bahwa nas ini, jika dibaca orang Kristen, mengingatkan mereka tentang Perjamuan Kudus.
Namun jika nas ini dibaca orang Yahudi, mereka teringat pada manna dan Musa. Bukankah para pembaca pertama orang Yahudi, dan tujuan utama dari Injil Yohanes penginjilan terhadap orang-orang Yahudi? Nas ini merupakan khotbah Tuhan Yesus di rumah ibadah orang Yahudi. Di situ Dia meneruskan tema "Paskah Baru". Dia dapat memuaskan kelaparan lima ribu orang karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu memberi manna kepada umat Israel. Dia dapat berjalan di atas air karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu menuntun umat Israel menyeberangi Laut Teberau, dan Dia, sebagai roti hidup, dapat menyelamatkan mereka, karena Dia adalah Tuhan Allah yang dulu memberi manna itu kepada Israel.
Pada dasarnya, Perjamuan Kudus merupakan suatu kiasan mengenai pengorbanan Tuhan Yesus dan keselamatan yang Dia sediakan. Demikian juga ungkapan dan bahasan "Roti Hidup" merupakan kiasan mengenai pengorbanan Tuhan Yesus dan keselamatan yang Dia sediakan. Dua-duanya merujuk kepada Tuhan Yesus serta karya-Nya.
Sebenarnya tema mengenai "Roti Hidup" dapat juga dikatakan sebagai tema seluruh isi pasal 6. Dalam peristiwa-peristiwa pembebasan umat Allah dari Mesir, Tuhan Allah membuktikan bahwa Dia sanggup menyelamatkan umat-Nya. Dalam peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam Injil Yohanes pasal 6, Tuhan Yesus membuktikan bahwa Dia adalah penggenapan dari peristiwa Paskah dan keselamatan umat Israel dari tangan Firaun yang diceritakan dalam Kitab Keluaran.

Makna tubuh dan darah Yesus, arti tubuh dan darah Kristus, renungan tubuh dan darah Kristus, darah Kristus, darah Kristus dilambangkan, dengan kuasa darah Yesus, ibadah roti tubuh ekaristi


No comments:

Post a Comment