Tuhan Tidak Lalai Menepati janjiNya

Tuhan Tidak Pernah Lalai Menepati janjiNya


2 Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya,  sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar  terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Shalom. Tadi saya membaca tentang ayat ini. Ayat ini sudah saya sering baca dan saya tahu tentang janji Tuhan, bahwa Tuhan tidak pernah lalai menepati janjiNya. Setiap perkataan Tuhan pasti akan digenapi. Tapi ada hal baru yang saya dapatkan.
Ada dua pihak yang ada di dalam ayat 2 Petrus 3:9. Pihak pertama adalah Tuhan sendiri, dan pihak kedua adalah Manusia itu sendiri. Bagaimana Janji Tuhan bisa terjadi. Maka perlu ada keselarasan antara kedua pihak.

Dari ayat ini ada 3 hal dalam diri Tuhan yang Tuhan lakukan.

  1. Tuhan tidak akan lalai. Tuhan itu bekerja atas diriNya sendiri, dan atas kehendakNya sendiri.   Dan pekerjaanNya sempurna.Dia tidak akan bekerja dengan sembarangan, karena Dia adalah sempurna. Termasuk dalam semua janjiNya buat orang percaya. Dia akan menggenapinya.Tapi kenapa tidak terjadi janji Tuhan buat orang percaya. Karena dari pihak manusia yang lalai.
  2. Tuhan penuh kesabaran. Tuhan itu dalam mengenapi setiap perkataan Nya bagi kita, bekerja atas dasar sifatNya yang penuh kesabaran. Dia akan sabar buat kita. Kadang kadang janji Dia akan terjadi, tapi manusia nya yang tidak sabar. Maunya cepat, sehingga pekerjaan Tuhan dalam hidup kita tidak sempurna padahal rencana/janji Tuhan buat kita adalah sempurna.
  3. Kehendak Tuhan. Dalam setiap janji Tuhan ada kehendakNya buat kita. Apa kehendakNya dalam setiap janjiNya buat kita. adalah kita berbalik dan bertobat. Berbalik adalah mengarahkan setiap jalan dan tujuan kepada Dia. Jalan yang salah harus kembali pada Dia. Yang sudah jauh harus datang dan dekat dengan Dia. Yang tidak ada persekutuan yang intim dengan Dia harus bangun hidup yang intim dengan Dia.  Bertobat adalah kembali pada kekudusan sesuai denngan standart Tuhan dalam hidup kita. ada banyak dosa dan kesalahan yang kita lakukan membuat kita tidak mengalami janji Tuhan. Tujuan dari janji adalah adalah hidup dari kebenaran Tuhan sendiri.





Tuhan tidak lalai menepati janjinya, Tuhan tidak pernah lalai menepati janjinya, janji Tuhan dalam alkitab, janji Tuhan bagi orang percaya, 2 petrus 3:9, janji Tuhan dalam Alkitab, jumlah janji Tuhan dalam alkitab, janji Tuhan Yesus kepada umatnya, janji Tuhan pasti digenapi, apa saja janji Tuhan dalam alkitab, janji Allah kepada orang percaya, janji Tuhan ya dan amin, ayat alkitab tentang janji Tuhan dan sukacita, tafsiran 2 petrus 3:9

No comments:

Post a Comment

Feed and RSS