Sejarah Gereja Mawar Sharon Surabaya

Sejarah Gereja Mawar Sharon Surabaya


Berikut ini Sejarah Gereja Mawar Sharon Surabaya

Motto Gereja Mawar Sharon GMS adalah :
Bagi kami, hidup adalah aliran mata air, yang selalu mengalir. Bergerak dalam kegerakan Allah yang dahsyat, mengikuti aliran kuasaNya, sejauh mana Ia membawa nafas kami pergi. Menjadi sumber inspirasi, rekan sekerja , sahabat setia bagi setiap jiwa. Membakar semangat setiap pribadi dengan api Roh KudusNya. Menyalakan visi dan misi, membuatnya hidup dalam diri setiap insan yang bergerak di dalamnya.

Bagi kami, hidup adalah melayani Dia, Pribadi yang kami cintai dan Anda. Dan hari ini, bila kami bisa berdiri di atas janji yang Ia berikan kepada kami, itu semua karena kami percaya pada pekerjaan Dia yang mengutus kami. Ia yang telah memanggil kami dan yang membuat kami menginvestasikan seluruh hidup kami kepadaNya, maka Ia pula yang akan menyelesaikan bagianNya atas gereja ini! Amin!
Motto ini dari Gembala sidang Gereja Mawar Sharon  Sekaligus ketua Sinode Gereja Mawar Sharon Pdt. Jusuf Soetanto


Gereja Mawar Sharon adalah sebuah sinode yang berpusat di Surabaya. Gereja Mawar Sharon bergerak dalam aliran Teologi Karismatik Pantekosta



* Gereja Mawar Sharon diawali pada tahun 1984, dari sebuah Persekutuan Doa "Febe", yang diadakan setiap hari Senin dengan jumlah jemaat sekitar 75 sampai 100 orang, di jalan Embong Sawo. Dua tahun kemudian, persekutuan tersebut pindah ke Jalan Cempaka Surabaya, dan ibadah dilaksanakan di bawah balkon utama Cempaka 18i.
* Tanggal 20 Juli 1986, persekutuan doa tersebut resmi memakai nama "Mawar Sharon". Seiring dengan berjalannya waktu, persekutuan "Mawar Sharon" berkembang, jemaat terus bertambah hingga mencapai 1000 orang, sehingga akhirnya diputuskan untuk memperlebar ruang ibadah. Tahun 1987-1988, dibangunlah ruang kebaktian utama di jalan Cempaka tersebut.
* Pada bulan Juli 1989, Pemerintah mengeluarkan izin sehingga persekutuan "Mawar Sharon" resmi menjadi Gereja "Mawar Sharon". Sekalipun telah diresmikan, baru akhir Maret 1990 pada minggu terakhir, nama Gereja Mawar Sharon di gunakan dan diperkenalkan kepada Jemaat.
* Pada tahun 1992, Gereja Mawar Sharon membangun sebuah Bukit Doa, dan selesai dibangun tahun 1993. Bukit Doa tersebut diresmikan 2 tahun kemudian, dengan nama Bukit Doa Immanuel.
* Pada tahun 1994, Visi Gereja Sel yang Apostolik mulai diperdengungkan untuk dijadikan landasan hidup berjemaat Gereja tersebut, lewat kelompok sel yang ada, yaitu Kemas (Keluarga Melayani Allah dan Sesama), Pemasa (Pemuda Melayani Allah dan Sesama), Remasa (Remaja Melayani Allah dan Sesama), Amasa) (Anak Melayani Allah dan Sesama).


* Pada awal Desember 2000 Gereja Mawar Sharon mengundurkan diri dari keanggotaan GBI dan resmi berdiri sebagai sinode sendiri.
* Pada tahun 2002, Visi Gereja Mawar Sharon ditambahkan, menjadi sel yang Apostolik dan Profetik. Sejak itu, Gereja Mawar Sharon mulai membuka satelit-satelit di seluruh Indonesia.
* Pada tahun 2002, Gereja Mawar Sharon mengadakan Festival Kuasa Allah (FKA) yang pertama. FKA kemudian selalu diadakan pada tahun-tahun setelahnya, yang bertempat terutama di Surabaya. Pernah diadakan di Medan, Menado, dan Taiwan.
* Pada tahun 2005, Gereja Mawar Sharon mulai mengadakan kebaktian khusus untuk kaum wanita, profesional, dan lanjut usia.
* Pada bulan Desember 2008, Gereja Mawar Sharon meresmikan pelayanan Sentuhan Kasih.
* Pada tahun 2007 sampai 2009, Gereja Mawar Sharon mengadakan KKR untuk anak muda yang bertajuk Army of God. Pada Maret 2010, KKR Army of God dibentuk menjadi sebuah kebaktian mingguan. Kebaktian ini direncanakan akan diadakan selama dua tahun, sampai Maret 2012.
* Pada tahun 2009, Gereja Mawar Sharon mengadakan event Asia For Jesus.
* Pada Maret 2010, Gereja Mawar Sharon mengubah dan memperbaharui kelompok sel menjadi Connect Group.


* Pada akhir April 2011, Gereja Mawar Sharon mengadakan event Surabaya For Jesus dan Jakarta For Jesus.

Gereja Mawar Sharon bergerak dalam persekutuan kelompok sel yang disebut Connect Group (CG). Satu kelompok sel biasanya berjumlah sekitar 5 sampai 15 orang, sebelum akhirnya dibelah (sel yang melahirkan). Kelompok sel yang dibentuk memiliki spesifikasi tertentu, biasanya berhubungan dengan umur. Seperti misalnya CG Amasa untuk anak-anak sampai usia sekolah dasar, CG Remasa untuk remaja dan pelajar, CG Pemasa untuk mahasiswa, CG Professional Muda untuk pekerja dan pasangan baru menikah, dan CG Umum, untuk keluarga pada umumnya.

Gereja Mawar Sharon telah memiliki 38 satelit yang tersebar di berbagai kota, seperti Surabaya, Jakarta, Manado, Tondano, Amurang, Tomohon, Makassar, Bitung, Langowan, Kotamobagu, Medan, Bali, Pontianak,Yogyakarta,Ambon, Masohi dan Saparua

Selain Connect Group, Gereja Mawar Sharon (baik pusat maupun satelit) juga memiliki kebaktian yang berhubungan dengan tiap-tiap spesifikasi kelompok sel tersebut. Bila sebuah satelit memiliki jaringan kelompok sel Pemasa, maka hampir dapat dipastikan di dalam ibadah mingguannya, memiliki ibadah pemuda. Begitu pula kelompok sel yang lain.

Selain itu, Gereja Mawar Sharon pusat juga memiliki beberapa ibadah yang dikhususkan untuk kalangan tertentu.

* Mawar Sharon Women: Merupakan kebaktian yang ditujukan khusus untuk kaum wanita.
* The Summit: Merupakan kebaktian yang ditujukan untuk kaum pengusaha.
* Mawar Sharon Senior: Merupakan kebaktian yang ditujukan khusus untuk jemaat yang berusia 55 tahun ke atas.

Gereja Mawar Sharon memiliki departemen yang difokuskan untuk membangun kehidupan kerohanian jemaat, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk publik atau masyarakat mengaksesnya.

* Departemen Creative Ministry: adalah suatu pelayanan yang utamanya bergerak di bidang kesenian, seperti misalnya: Drama, Dekorasi, Tata Rias, Dance, dan Film. Biasanya, Creative Ministry akan mengadakan pagelaran di tengah-tengah suatu khotbah, tepat sebelum Firman dibagikan. Pada sekitar pertengahan tahun 2007, Departemen Creative Ministry Gereja Mawar Sharon pusat mengadakan training bagi jemaat-jemaat di Gereja satelit, yang diakhiri dengan Festival Of Creativity, dengan tujuan mencetak bibit-bibit Creative Ministry pada satelit-satelit yang ada.


* Departemen Doa: adalah departemen yang memfasilitasi kegerakan doa, dan mencetak pendoa-pendoa. Event-event yang diadakan oleh Departemen Doa ini seperti Konser Doa, Prayer Meeting, Prayer Training Centre, dan lain sebagainya.

* Departemen Edukasi: merupakan departemen yang bergerak dalam hal pendidikan, yang memperlengkapi setiap jemaat dalam pemahaman Alkitab. Program-program yang diadakan oleh Departemen Edukasi ini antara lain adalah Mawar Sharon Bible Study (MBS), Mawar Sharon Evangelical Training School (METS), My Spiritual Journey (MSJ) dan Paul and Barnabas School (PNB).

* Departemen Family And Life Counseling (FLC): bertujuan untuk melayani kehidupan jemaat, membantu memberikan solusi untuk masalah-masalah dalam kehidupan berjemaat. Departemen FLC bertanggung jawab dalam hal Penyerahan Anak, Baptis, Pernikahan, Konseling, dan Pemerhati.


* Departemen Infotek: Departemen ini merupakan pendukung pelayanan dari sisi media (baik cetak maupun Audio Visual). Infotek memiliki 5 divisi, yaitu Multimedia, Data Entry, Komputer, Desain Grafis, dan Warta.

* Departemen Praise and Worship: Departemen ini bertugas untuk menyediakan dan melatih pemain musik, singer, song leader, dan choir untuk keperluan ibadah, KKR, seminar, FKA, acara pernikahan, dan lain sebagainya. Departemen ini juga bertugas untuk melatih pemain musik di Gereja satelit.


* Sentuhan Kasih: Gereja Mawar Sharon memiliki pelayanan yang dapat langsung diakses oleh publik atau masyarakat. Seperti misalnya Sentuhan Kasih, yang terutama bergerak dalam bidang bakti sosial.

* Bukit Doa Immanuel: Bukit Doa Immanuel adalah sebuah tempat yang didirikan oleh Gereja Mawar Sharon di daerah Prigen untuk tempat doa dan retreat.








* Pustaka Rajawali: merupakan departemen percetakan dari Gereja Mawar Sharon untuk mencetak buku-buku seperti Before 30


Gereja Mawar Sharon memiliki beberapa kegiatan yang secara umum berhubungan dengan ibadah pengkabaran Injil.

* Festival Kuasa Allah: adalah sebuah Kebaktian Kebangunan Rohani yang digelar untuk masyarakat umum, yang bervisi "di mana tiap pribadi mengalami perjumpaan yang tak terlupakan dengan Tuhan. Kebaktian ini disiarkan secara live online Festival Kuasa Allah ini juga sudah diadakan tiga kali di Taiwan dengan nama God's Power Festival Taiwan. God's Power Festival Taiwan yang ke 3 (Festival Kuasa Allah ke 11 secara total) diadakan tanggal 6-7 Februari 2011.


* Army of God: sebuah KKR untuk anak muda yang didesain sebagai ibadah mingguan yang menyatukan semua ibadah pemuda pelajar Gereja Mawar Sharon di Surabaya. Acara ini kadang-kadang mendatangkan artis figur Kristiani dari dalam dan luar negeri. Army of God ini juga diadakan di Medan.


* Kerja Sama: Gereja Mawar Sharon memiliki kerja sama dengan beberapa gereja di Jakarta, Taiwan, dan Singapura. Di antaranya seperti pertukaran ilmu dan studi. Gereja Mawar Sharon juga menjadi host kegerakan bersama beberapa gereja di Asia yaitu Asia for Jesus. Event Jakarta For Jesus dan Surabaya For Jesus yang difasilitasi oleh Asia For Jesus ministry pun diadakan pada tanggal 26-27 April 2011 di Jakarta , dan 29-30 April 2011 di Surabaya

Sumber - GMS
             - Wikepedia
             - dll


Gereja mawar sharon, mawar sharon, gereja mawar sharon surabaya, gereja mawar saron, gereja mawar sharon jakarta, gereja mawar sharon live, gereja mawar sharon Palembang,  gereja mawar sharon Medan,  gereja mawar sharon Jambi

2 comments:

  1. Eternal blessings from Romania !!

    May God bless Indonezia with His love !!

    victor@yahoo.com

    From Lord's Army,Romania

    ReplyDelete
  2. Salam dan doa kami untuk Gereja Mawar saron surabaya , semoga sukses selalu ,, setelah membaca sejarah nya ya saya yang tinggal di Surabaya sejak tahun 1979 sd 1992 sudah beberapa kali ke Mawar saron Cempaka surabaya .. luar biasa berkembang ... saya sekarang dalam pelayanan di Pulau Bintan .. www yspkanugerahtanjungpinang.org dalam pelayanan Panti asuhan . panti jompo dan sekolah anugerah ,,, salam salam shalom amin Yohanes Supriyanto

    ReplyDelete