Kitab Kejadian latar belakang

Latar belakang kitab Kejadian

Kejadian 1:1: Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Allah lah yang menciptakan langit dan bumi.
Kitab kejadian menceritakan awal dunia diciptakan dan awal dari segala sesuatu.

1) Kej 1 merupakan fakta sejarah: Ada orang-orang (golongan Liberal) yang mengatakan bahwa Kej 1-11 bukanlah fakta sejarah, tetapi sekedar suatu dongeng, illustrasi, perumpamaan dsb. Ini salah, dan bahkan sesat! Karena itu hati-hatilah dengan semua pengkhotbah / pendeta / gereja yang mempunyai pandangan demikian. Perlu diperhatikan bahwa pada awal dari Kej 1 tidak digunakan kata-kata ‘once upon a time / pada suatu waktu’ seperti yang digunakan dalam dongeng-dongeng pada umumnya! Tetapi di sini digunakan kata-kata ‘in the beginning / pada mulanya’ (Kej 1:1). Ini jelas menunjukkan bahwa Kej 1 itu bukanlah suatu dongeng atau illustrasi, tetapi merupakan fakta sejarah. Disamping itu: a) Kej 2:1 yang berbunyi: “Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya” jelas menunjukkan bahwa Kej 1 adalah fakta sejarah. b) Kel 20:11 yang berbunyi: “Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya”, jelas juga menunjukkan bahwa Kej 1 merupakan fakta sejarah. Kalau Kej 1 itu hanyalah dongeng, illustrasi, dsb, maka itu berarti bahwa Allah menetapkan hari ke 7 sebagai hari Sabat berdasarkan suatu dongeng! Ini betul-betul tidak masuk akal. 2) Alkitab menyatakan Allah. Pada awal dari Alkitab, pada Kej 1:1 sudah dikatakan tentang ‘Allah’. Alkitab memang menyatakan Allah kepada kita. Jadi, pada waktu menghampiri Alkitab, kita harus mempunyai keinginan untuk mengenal Allah. Penerapan: Apakah saudara mempunyai keinginan untuk mengenal Allah? Dan apakah saudara belajar Firman Tuhan dengan tujuan supaya mengenal Allah atau lebih mengenal Allah? Kalau tidak, tidak ada gunanya saudara belajar Alkitab! 3) Allah adalah pencipta segala sesuatu. Allah yang disebut dalam Kej 1:1 itu adalah Pencipta! Ini salah satu bagian Kitab Suci yang mendasari kalimat pertama dari 12 Pengakuan Iman Rasuli yang berbunyi: “Aku percaya kepada Allah, Bapa yang mahakuasa, khalik langit dan bumi”.



Penulis kitab kejadian
Menurut keyakinan dan kepercayaan Musa adalah penulis kitab kejadian dan n Pentateukh (lima kitab pertama dari Alkitab, juga disebut “hukum Taurat” ; lihat Kel. 17:14; Ul. 31:24; 1 Raja-raja 2:3; Ezra 6:18; Neh 13:1; Dan 9:11-13; Mal. 4:4; Mrk. 12:26; Lukas 16:29; Yohanes 1:17; 5:44-47; 7:19, 23; Kisah Para Rasul 26:22; Rm. 10:5; 2 Kor 3:15, dll.). mengingatkan kita bahwa Musa dididik dalam Injil Lukas “hikmat orang Mesir” (Kisah Para Rasul 7:22). Dalam kedaulatan Allah, Musa telah disiapkan untuk menggabungkan dan mengerti semua catatan-catatan, naskah-naskah, dan narasi lisan yang tersedia dengan mana ia menuliskan Pentateukh. Tak ada orang yang lebih siap atau cakap untuk tugas menulis sejarah Israel yang sangat luas.

Ayat-ayat terkenal di kitab kejadian
Kejadian 1:1: Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:26-27: Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Kejadian 1:31: Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Kejadian 2:2: Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 3:15: "Aku (TUHAN) akan mengadakan permusuhan antara engkau (ular) dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." Kejadian 12:3: "Aku (TUHAN) akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau (Abram/Abraham), dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." Kejadian 49:10: (Yakub berkata) "Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa."


Kitab kejadian, latar belakang kitab kejadian, permulaan kejadian bumi, penulis kitab kejadian. kejadian 1:1, Eksposisi Kitab Kejadian

No comments:

Post a Comment