Apa Itu Pengertian Apologetika Kristen

Apa Itu Pengertian Apologetika Kristen


Pengertian Apologetika Kristen adalah,  Kata “apologi” berasal dari kata Yunani yang pada dasarnya berarti “memberi pembelaan.” Apologetika Kristen itu berarti ilmu tentang pembelaan iman Kristen. 
Sejarah mencatat apologetik menjadi seperti adanya diawali oleh tulisan-tulisan Bapak Gereja Muda atau Pujangga Gereja Katolik. Seorang yang berapologetik disebut sebagai apologis Apologetik Kristen adalah sebuah istilah di dalam teology Kristen yang menghadirkan sebuah dasar rasional untuk iman Kristen. Hal ini untuk menahan iman berlawanan dengan keberatan-keberatan dan kesalahan penggambaran yang keliru.
Selain itu, untuk menjelaskan kesalahan di dalam agama-agama lain dan pendangan-pandangan dunia. 
Apologetika Kekristenan mengambil banyak bentuk di sepanjang abad. Waktunya dimulai dari masa Paulus dari Tarsus, Yustinus Martir, dan Ireneus.Masa ini pun berlanjut lagi HINGGA sekarang usaha banyak penulis dan pembicara dari bermacam-macam tradisi Kristen.Para tokoh apologetik masa sekarang ini seperti Cornelius Van Til, Gordon Clark, Greg Bahnsen, James White, John F. MacArthur, Hank Hanegraaff, Ravi Zacharias, Lee Strobel, Josh McDowell, C.S. Lewis, Ken Ham, Kent Hovind, William Lane Craig, J. P. Moreland, Ray Comfort, Kirk Cameron, Hugh Ross.Dasar Apologetik mereka sebagai pertahanan kekristenan melalui bukti secara sejarah dan arkeologi, teologi, dan argumen filosofis serta investigasi ilmiah. Ada bermacam-macam jenis argumentasi yang bersifat ontologi, kosmologi, dan teleologi. Hal ini menjadi opini dari banyak apologetik Kristen. Mereka menjadikan Injil sebagai pertahanan terbaik dan menjalani hidup sesuai dengan prinsip pengajaran Yesus sebagai argumen yang terbaik. Argumen terbaik adalah sesuatu yang berasal dari firman. Ini menjadi kutipan dari apologetic Kristen.

Apologetika kristen, pengertian apologetika kristen, pegertian apologetika, apa itu apologetika kristen, diktat apologetika kristen, buku apologetika kristen, apologetika kristen pdf

No comments:

Post a Comment