Sejarah Gereja Tiberias Indonesia

Sejarah Gereja Tiberias

Sejarah Singkat Gereja Tiberias Indonesia
Sebelum berdiri sendiri sebagai sebuah sinode, Gereja Tiberias merupakan salah satu jemaat yang tergabung dalam wadah sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), sehingga disebut sebagai GBI Tiberias.

Gereja Tiberias sendiri berdiri pada 17 Agustus 1990. Gembalanya, Pdt. Drs. Yesaya Pariadji menjual aset-aset berharganya untuk kemudian mendirikan Gereja Bethel Indonesia jemaat Tiberias. Pengkhotbah-pengkhotbah yang pernah berkhotbah di gereja ini pada awal perjalannya sangat banyak. Mulai dari Erastus Sabdono, John Hartmann, Franky Pantouw, Ara Siahaan, Gilbert Lumoindong, Yuda Mailo'ol. Bahkan sampai saat ini beberapa nama seperti Petrus Octavianus, Sudarmadji Said, Josua Tumakaka, Dolf Mailangkay, Agus Setiono, John Adhiguna masih tercatat sebagai pembicara tetap di Tiberias.
Setelah adanya keputusan dari sinode GBI, bahwa nama-nama jemaat seperti Tiberias ini harus dihilangkan, kemudian Pdt. Drs. Yesaya Pariadji. sebagai gembala sidang GBI Tiberias memisahkan diri dan membentuk sinode sendiri. Gereja Tiberias Indonesia mempunyai wadah pelayanan untuk kaum muda dengan nama Boanerges Youth Ministry, berpusat di Balai Sarbini, Jakarta.
Dan kini Gereja Tiberias ada di beberapa kota, antara lain Jakarta ,Gereja Tiberias Bandung, Gereja Tiberias Surabaya, Gereja Tiberias Batam, Gereja Tiberias Makassar, Gereja Tiberias Semarang.


Gereja Tiberias adalah gereja yang memiliki pertumbuhan jemaat tercepat dalam sejarah gereja Indonesia. Gereja ini juga mempunyai beberapa lembaga yang dibawahi oleh gereja seperti STT Tiberias (Duta Merlin dan Roxy), Sekolah Alkitab Tiberias, dll. Walaupun demikian, dari semua lulusan STT-nya, hanya sekitar dua orang yang kemudian menjadi pengkhotbah di Gereja Tiberias tersebut.

Pelayanan ibadah meliputi:

1. Boanerges Kids (sekolah minggu)
2. Boanerges Youth ministry (kaum muda)
3. KKR kesembuhan Ilahi & perjamuan kudus
4. KKR pelepasan
5. Pendalaman alkitab pria
6. Pendalaman alkitab wanita
7. Pelepasan resesi ekonomi

Tahun 2006, Pdt. Gilbert Lumoindong yang merupakan Ketua 2 Sinode Tiberias mengundurkan diri dari Tiberias karena dia menjadi gembala jemaat di GBI glow fellowship centre

9 Agustus 2008, bertempat di Dome World Harvest Center, Lippo Karawaci Tangerang, gembala sidang Gereja Tiberias Indonesia, Pdt. Drs. Yesaya Pariadji,diwisuda mendapatkan gelar Doctor of Ministry in leadership and transformation,dari Harvest International Theologial Seminary (HITS). Disertasi yang ditulis oleh Pdt. DR. Yesaya Pariadji untuk melengkapi persyaratan akademik di beri judul TINJAUAN HISTORIS PENDIRIAN PERKEMBANGAN GEREJA TIBERIAS INDONESIA

Sayangnya gereja ini banyak memiliki kelemahan, seperti tidak adanya data jemaat serta sistem administrasi dan manajemen yang buruk yang menyebabkan banyak pembicara, pendeta dan pelayan yang keluar hanya karena dugaan yang tidak bisa dibuktikan.

Gereja Tiberias, Gereja Tiberias Indonesia, sejarah Gereja, sejarah gereja tiberias, Sejarah Gereja Tiberias Indonesia

7 komentar:

  1. Apakah benar video yg sy tonton pd hr minggu tgl 26 nov 2012 kemaren pd ibadah jam 2 siang di btc bekasi mengenai manifestasi seorg ibu pada saat baptis selam? krn ibu tsb menyebut nama seorang pendeta yg pernah membaptis dia (ibu itu)adalah kaki tangan ratu pantai laut selatan yg meminta 10 rb jiwa? kok ngeri yah? tp dari pancaran mata ibu tsb ada rasa tdk percaya sy klo ibu itu benar2 manifestasi. kok keliatanny spt sdg melakoni sebuah peran? aduh... kok jadi begini?? kita2 jemaat sbg org awam, merasa bingung dgn kejadian yg sgt membuat kami tercengang...tolong klo ada masalah diantara kalian, selesai kan dalam nama Yesus dgn cara penuh kasih. jgn saling menjatuhkan. Klo memang begitulah kejadian yg sebenarnya, kenapa kok segitu byk hamba Tuhan yg melayani pd saat itu, kok lama sekali melakukan pelepasan pd ibu itu? kok kepala ibu itu dipukul pukul kencang pd saat tumpang tangan? kenapa gk di cekik aj sekalian klo caranya kasar bgt? aduh... ini bs melemahkan iman loh, apalagi bgi org yg duluny beragama lain tp kini sdh bertobat.

    BalasHapus
  2. Shalom saudara dalam Yehsua Hamasiakh, Saya tidak percaya bahwa Pdt.Yosua Tumakaka adalah antek roro kidul sebagai mana yg kalian pikirkan.. Rasanya terlalu keji untuk fitnah semacam ini. Saya menyebut ini fitnah, karena kalian tidak dapat membuktikan tuduhan kalian. Kalian lebih percaya omongan sang raja dusta daripada hati nurani kalian. Bukankah Pdt.Yosua Tumakaka telah membuat banyak orang bertobat? Termasuk saya ! Jadi tidak mungkin Pdt.Yosua di pihak iblis. Hai orang2 bodoh, ingatlah pesan Tuhan kita: Kerajaan iblis akan hancur, jika iblis melawan iblis (Lukas 11:17-18). Dengan bantuan Roh Kudus, mari kita pakai hikmat kita, jangan dengarkan pesan yg ngawur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shalom, saya sangat setuju sama apa yang anda katakan, karena saya juga saat dibaptis di tiberias, pada saat itu saya membutuhkan pelepasan kutuk2 dan ternyata punya luka batin dan akar kepahitan yang mendalam...pdt yosua lah yang menolong saya dengan penuh kesabaran, di ruang persiapan/kebaktian, maupun dikolam renang waktu hendak dibaptis. dia orang baik dan tulus yang terkena fitnah tidak berdasar

      Hapus
  3. Saya tidak percaya dengan apa yg kalian pikirkan pada Pdt.Yosua Tumakaka. Mana buktinya kalau ia pengikut Roro kidul?
    Kalian lebih percaya omongan si Raja dusta daripada hati nurani kalian.
    Pdt.Yosua telah membuat banyak orang bertobat, termasuk saya! Apakah dia masih dianggap pengikut Iblis?
    Kata Yesus: Kerajaan iblis akan hancur, jika iblis melawan dirinya sendiri. (Lukas 11: 17-18)
    Jadi bagaimana mungkin Pdt.Yosua yg telah membuat orang bertobat adalah pengikut Iblis?
    Pake hikmat kalian, jangan dengarkan perkataan yg ngawur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf atas perkataan saya yg mungkin menyinggung perasaan2 anda semua, tp ketahuilah kebenaran ada di pihak orang benar.. mana mungkin Pdt. Yesaya Pariadji bs mengeluarkan org yg sudah dari awal bekerja dgn dia.. itu bisa dipertimbangkan baik2.. dan kalau ngomong pun jgn asal2an yahh :)

      Hapus
  4. saudara beriman.. maaf atas kata2 saya yg mungkin lancang dan kurang berkenan.. namun, apakah baik mengatakan suatu gereja lemah dihadapan publik? tidakkah blog anda akan melemahkan kaum2 org beriman untuk masuk Gereja Tiberias? saya bertahun2 di Tiberias, namun semakin dipulihkan.. dan atas kelemahan yang anda tuduhkan.. kt sdh bisa buktikan dari bbrp jemaat yang manifestatsi. Jesus Bless.

    BalasHapus

Feed and RSS

Penghotbah

Penghotbah
Ibadah Raya

Penolong hidupku

Penolong hidupku
Isteri yang terbaik