Apa penyebab Perang salib

Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang Penyebab perang salib. Dulu waktu masih kecil aku sering dengar tentang perang salib. Yang kutahu perang salib dulu adalh perang antara Islam dan Kristen. Benerkah.? Aku juga juga cuma lihat di flim flim tentang perang salib. Berikut ini saya akan menulis tentang penyebab dari perag salib semoga bermanfaat yah.
Kira-kira tahun 1070 Palestina, Siria, Asia kecil jatuh ditangan orang Turki. Bangsa yang berpenddduk islam mengNCm kebudayaan agama Kristen di eropah. Waktu itu orang Kristen yang pergi ke Palestina sering digannggu oleh orang Turki yang menguasai tanahpalestina. Orang -orang ini menyampaikan keluhan keluhan kepada paus. Akibatnya kaisar Bizantium memohon pertolongan dari negara-negara barat tentang masalah ini.Pada tahun 1095 seluruh umat Kristen dikerahakan oleh Paus Urbanus II Untuk menggangkat senjata untuk merebut kembali tanah palestina dari bangsa Turki yang mayoritas dikuasaioleh orang islam. Seruan dari paus urbanus 2 diteruskan oleh penghotbah-penghotbah akhirnya sampai diseluruh nergri tentang perang yang dinamakan perang suci ini.

Banyak orang dari kalangan Kristen mengikuti seruan paus untuk mengangkat senjata dan mereka mengatakan "Tuhan menghendakinya Untuk kita mengangkat senjata". Mereka menempelkan salip dan kain merah di bahu dan dadanya sebagai tanda bahwa mereka mau merebut palestina dari tangan orang Islam, teruatama Yerusalaem tempat Tuhan Yesus disalibkan. Banyak orang mengikuti dengan mativasi bahkan yang salah, ada yang karena nama, supaya dapat untung, dan juga pandangan yang salah tentang " penghapusan dosa melalui Perang" yang dijanjikanoleh paus.
Memang perang salib dianggap memiliki arti rohani , tapi sebenarnya perang salib adalah perang perang biasa seperti perang lainnya.
Demikian untuk tukisan ku ini semoga bermanfaat yah.

No comments:

Post a Comment