Bukti Alkitab adalah Firman Allah. Bagian 1

Mengapa Alkitab di sebut Firman Alllah. Apa Bukti Alkitab adalah Firman Allah

Alkitab adalah Firman Allah

 Alkitab adalah Firman Allah, bukan sekedar berisi Firman Allah. Alkitab menyebut dirinya sendiri Firman Allah dan dengan nama ini membuat dirinya berbeda dari semua buku lainnya. Alkitab secara konsisten mengklaim penulis illahilah (devine authorship) yang menghasilkan dirinya. Serangkaian penegasan Kitab Suci yang berulangkali menunjukkan bahwa ini benar demikian. Dalam Alkitab, Allah berbicara. Ketika manusia mengasihi Allah, mereka dilahirkan kembali oleh Firman Allah ( 1 Petrus 1:23-25).
       
  Perhatikan bagaimana ucapan-ucapan dari para penulis Perjanjian Lama dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Bukalah Matius 1:22 sebagai gambaran tentang ini: “Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi.” Di sini bukan apa difirmankan oleh nabi, namun yang difirmankan  Tuhan oleh nabi. Perhatikan juga bagaimana Ibrani 3:7 mengutip Mazmur 95:7-8, dengan mengatakan bahwa Roh Kudus adalah penulis atau author dari Kitab Suci.
            Mendiskusikan kesaksian internal dari Kitab Suci untuk membuktikan dirinya sendiri sebagai firman yang diinspirasikan, kita diliputi bak banjir bukti tentang itu. Di antara dari begitu banyaknya bukti dari perikop Kitab Suci yang dapat kita gunakan, kita akan memilih empat dari antaranya.

Mengapa Alkitab di sebut Firman Alllah. Apa Bukti Alkitab adalah Firman Allah


Alkitab adalah Firman Allah


Mengapa Kita Percaya Bahwa Alkitab Adalah Firman Allah?
Alkitab adalah wahyu Allah kepada manusia yang berisi pernyataan-penyataan tentang Allah dalam relasinya dengan manusia. Atas dasar apakah kita dapat mempercayai bahwa Alkitab adalah firman Allah yang hidup yang menjadi standar moral dan kelakuan orang Kristen ? berikut ini sepuluh alasan yang menunjukkan bahwa Alkitab itu adalah Firman Allah.

Alasan Mengapa Alkitab adalah Firman Allah 1. Wahyu Ilahi. Para teologi pada umumnya membagi wahyu Allah menjadi dua, yaitu wahyu umum dan wahyu khusus. Wahyu umum adalah pernyataan Allah yang memungkinkan manusia mengetahui bahwa Allah itu ada (exist) melalui alam semesta dan ciptaanNya. Wahyu khusus yaitu pernyataan Allah atas dirinya sendiri kepada manusia. Maksudnya Allah yang dari sorga itu memperkenalkan dirinya sendiri kepada manusia. Ada dua wahyu khusus yang diberikan oleh Allah agar manusia bisa mengenalnya dengan benar. Pertama, melalui pribadi Yesus Kristus yang inkarnasi ke dunia ini (Yohanes 1:1-3, 14,18; 14:7-11; 17:3). Kedua, melalui Alkitab (Firman Allah yang tertulis) kita dapat mengenal Allah dengan benar, karena Dia memperkenalkan diriNya melalui firmanNya yang bisa dimengerti oleh manusia.

Mengapa Alkitab di sebut Firman Alllah. Apa Bukti Alkitab adalah Firman Allah

Alasan Mengapa Alkitab adalah Firman Allah  2. Inspirasi Alkitab. Charles C. Ryrie mendefinisikan inspirasi atau pengilhaman sebagai berikut: “Allah mengawasi sedemikian rupa sehingga para penulis Alkitab itu menyusun dan mencatat tanpa kekeliruan pesan-Nya kepada manusia dalam bentuk kata-kata pada penulisan aslinya.” Dalam 2 Timotius 3:16 kata Yunani untuk inspirasi adalah Theopneustos yang berarti Allah menghembuskan. Penting untuk mengetahui bahwa kata “pewahyuan” berbeda dengan kata “pengilhaman” dan “ilumimasi”. Dalam pengertian teknis-teologis, kata pewahyuan atau penyataan Allah menunjuk kepada pengalihan pikiran Allah kepada pikiran manusia yang dipilih Allah menjadi penulis-penulis kitab-kitab Alkitab. Pengilhaman menunjuk pada penulisan naskah-naskah Asli Alkitab oleh para penulis pihak manusia dalam kontrol Roh Kudus. Pengilhaman disebut juga inspirasi. Sedangkan Iluminasi atau penerangan menunjuk pada pimpinan Roh Kudus yang memampukan manusia memahami kebenaran Alkitab dalam relevansinya pada setiap konteks kehidupan.

Mengapa Alkitab di sebut Firman Alllah. Apa Bukti Alkitab adalah Firman Allah

Alasan Mengapa Alkitab adalah Firman Allah 3. Keotentikan Alkitab. Otentik berarti Alkitab itu murni dan keasliannya terjamin. Alkitab dikatakan asli karena memang ditulis penulis yang namanya dipakai untuk kitab dan tulisannya tepat pada zaman dimaksud. Alkitab dikatakan otentik karena mengisahkan fakta-fakta yang benar-benar terjadi.

Alasan Mengapa Alkitab adalah Firman Allah 4. Klaritas Alkitab. Klaritas atau kejelasan Alkitab diartikan bahwa Alkitab ditulis sedemikian rupa sehingga jelas maksud pemberitaan dan pengajaranNya, sehingga dapat dimengerti oleh setiap orang yang sungguh-sungguh membaca dan mencari pertolongan Tuhan serta bersedia melakukan Firman Tuhan itu. Namun demikian tidak berarti bahwa semua bagian Alkitab akan dapat dimengerti dengan mudah. Tidak juga berarti bahwa setiap orang akan mengertinya dengan benar. Tapi memang betul bahwa untuk mengerti isi Alkitab dengan benar seseorang harus memiliki persyaratan moral dan rohani tertentu (1 Korintus 2:14). Juga dapat terjadi seseorang mengerti lebih jelas dari yang lain (2 Petrus 3:16).

Alasan Mengapa Alkitab adalah Firman Allah 5. Infabilitas dan Ineransi Alkitab. Ineransi Alkitab berarti bahwa Alkitab tidak ada kekeliruan atau kesalahannya. Infabilitas berarti Alkitab bebas dari kecenderungan melakukan kesalahan. Karena Alkitab diispirasikan oleh Allah, maka Alkitab tidak dapat salah atau tidak memiliki kekeliruan. Ketidakkeliruan Alkitab berarti bahwa Alkitab hanya mengatakan yang benar. Nubuat-nubuat Perjanjian Baru yang telah digenapi membuktikan bahwa Alkitab tidak memiliki kekeliruan.

Bersambung : Bukti Alkitab adalah Firman Allah. Bagian 2

Mengapa Alkitab di sebut Firman Alllah. Apa Bukti Alkitabadalah Firman Allah

alkitab firman allah yang hidup
alkitab firman allah tanpa salah
alkitab adalah firman allah yang sejati
alkitab bukan firman allah
bukti alkitab firman allah
alkitab adalah firman allah yang hidup
alkitab adalah firman allah
apakah alkitab itu firman allah
arti alkitab adalah firman allah
ayat alkitab allah adalah firman
bukti alkitab sebagai firman allah
otoritas alkitab sebagai firman allah
pengertian alkitab sebagai firman allah

No comments:

Post a Comment